Wednesday, February 3, 2010

Susahnya mencari telepon publik

masih ingat dulu pas tahun 99, telpon umum koin masih populer, ingat dulu sempet chatting pake mIRC trus aku telponin kenalan chatting pake telpon koin gitu. ah itu masa lalu. sekarang kayaknya susah nyari telpon koin yang masih bener (gak rusak maksudnya). emang gak nyoba sich sebenernya. hehehe

trus perkembangan selanjutnya wartel wartel banyak bertebaran. khususnya yang penulis amati di kota Jogja, sekitar tahun 2002,m wartel masih jaya jayanya. tiap malam ada aja yang kencan bermesra mesra ria lewat telpon di wartel. hehehe.

lain dulu lain sekarang, mau cari wartel aja sekarang susah. ada tulisannya wartel tapi eh udah tutup (ko gak diturunin sich tulisannya). atau karena dah bangkrut krut sampe sampe gak sempat suruh orang turunin tuch neon box. atau kalau masih buka wartel keadaannya dah memprihatinkan

banyak wartel sekrang yang ber tumpang sari dengan swalayan, kata yang jaga, rugi mas kalo cuman nunggu wartel saja. emang bener juga sich. toh tumpang sari gak dilarang juga.

pengalaman penulis dengan wartel zaman sekarang sungguh mengenaskan, pernah suatu saat penulis butuh banget akan wartel itu diantaranya sebagai berikut :

1. saat mau fax surat ke jakarta, mencari wartel yang dekat rumah yang bisa fax, dulu seingat saya ada 2, tapi yang satu ternyata dah tutup. didepannya bertuliskan dikontrakkan. trus aku menuju wartel yang satunya lagi. oh oh. ternyata lagi rusak mesin fax nya. sekilas aku liat nich wartel dah kayak swalayan kebutuhan sehari hari aja. bilik wartelnya dah ketutup ma rak rak barang dagangan. akhirnya aku harus cari wartel dan akhirtnya ketemu juga wartel yang menyediakan fax setelah aku tanya sedikitnya 3 wartel yang masih buka sebelumnya. tau gak, aku nemu wartel yang ada fax nya setelah naij motor sejauh 12 kilo lebih, hah

2. ada kejadian saat aku ambil uang di ATM, ada ibu ibu yang kartunya terlean mesin ATM gak mau keluar tuch kartu. Melihat ibu itu jadi kasian juga, akhirnya aku bantuin tanyain ke CS bank yang bersangkutan, eh blum selesai aku jelasin permasalahannya pulsa ku dah habis. AKu berpikiran klo nolong jangan setengah setengah, karena kebetulan aku gak ada acara dan ada waktu amak aku bantu ibu itu untuk telp di wartel yang tedekat karena tuch ibu gak bawa hp. maka aku yang telpon dan ibunya tetep di depan mesin ATM itu. aku cari wartel kok susah juga ya, mpe harus naik motor sejauh 500 meter baru nemu, padahal sebelumnya ada 2 wartel yang akan aku pake, tapi yang 1 nya masih tutup (padahalk udah jam 9 pagi) dan 1 lagi telponnya rusak. karena saya bukan yang bersangkutan maka saya tidak bisa melakukan pemblokiran dan aku kembali ke ibu itu untuk selanjutnya biar ibunya ya melakukan pemblokiran,

dari 2 peristiwa diatas, ditengah kemajuan akan teknologi komunikasi yang sudah banyak dimiliki oarang saat ini, keberadaan fasilitas telepon umum baik telepon koin ataupun wartel sudah tergusur. tapi apakah keberadaan fasilitas telepon umum masih dibutuhkan masyarakat????.

No comments:

Post a Comment